Namanya sangat terkenal di kalangan para pengusaha muda dan orang-orang yang gemar membaca buku motivasi. Selain itu, namanya bukan hanya dikenal sebagai motivator saja, tetapi salah satu orang sukses yang menjadi panutan banyak orang seperti Warren Buffett dan lainnya. Ya, dia adalah Tony Robbins. Mungkin tidak lagi asing di telingamu. Tapi kalau kamu baru mendengar namanya juga tidak masalah.

Di mata banyak orang, Tony merupakan salah satu orang sukses dan terkaya di dunia. Bagaimana tidak, majalah Inc menulis pria yang bertubuh sangat tinggi ini sanggup mengatur 12 bisnis sekaligus! Di tengah-tengah kesibukannya itu, dia masih sanggup membina lebih dari 50 juta orang hingga detik ini. Meskipun begitu, Tony yang juga merupakan seorang motivator ternyata tak menganggap pencapaian ini sebagai kesuksesan.

Ternyata, sukses bukan perkara angka dan seberapa besar uang yang berhasil kamu raup sebagai keuntungan. Bahkan uang bukan ukuran kesuksesan seseorang. Tapi yang lebih penting, kamu harus bisa mengenal apa yang bernilai dalam dirimu dan mengadopsi gaya hidup yang sejalan dengan nilai-nilai tersebut. Berikut ini beberapa cara agar kamu bisa sukses, tanpa harus mematokkan jumlah uang yang kamu dapatkan.

Fokuslah dalam membangun bisnis. Ketika membangun sebuah bisnis, banyak orang yang hanya fokus pada keuntungan dan target-target tertentu. Bukan pada nilai apa yang ingin dimiliki sebagai image sebuah perusahaan. Tony mengatakan kepada majalah Inc, seharusnya para pengusaha fokus dalam membangun bisnis yang berguna bagi masyarakat dunia. Bukan seberapa banyak uang dan target yang harus kita dapatkan tahun ini.

Jangan berpikir tentang hal sulit. Mungkin kamu ingin menjadi pemrakarsa dan menciptakan sesuatu yang baru. Boleh saja, tapi itu kalau kamu tahu apa yang ingin kamu ciptakan. Sebenarnya, menurut Tony, ada banyak model-model bisnis yang bisa kamu gunakan. Model bisnis itu bisa diaplikasikan untuk bisnis jenis apa pun. Jadi, jangan berpikir terlalu rumit selama menjalani proses menuju kesuksesan.

Dusta, kalau ada yang bilang bakal sukses tanpa persiapan. Soalnya, Tony sendiri, sebelum melakukan sebuah wawancara, dia perlu waktu 18 jam untuk mempersiapkan segala hal. Jangan takut ketika kamu memiliki spare time, karena waktu yang tersisa ini bisa kamu gunakan untuk meningkatkan rasa percaya dirimu.

Jangan tanggung-tanggung, jadilah orang yang ahli dalam bidangmu. Tidak ada pekerjaan yang tidak akan bikin kamu sukses. Sekali pun kamu menjadi tukang nasi goreng, tetap saja akan ada peluang untuk menjadi sukses. Tapi, kamu harus menjadi orang yang ahli di bidang tersebut. Ketika kamu ahli dan tahu betul seluk-beluknya, semua orang akan membutuhkanmu.

Jadi, jangan hanya memikirkan soal uang. Empat hal inilah yang terpenting agar kamu bisa sukses dalam hidup, sekaligus secara finansial.